Kiat Sukses Berinteraksi Dengan Al-Qur’an (8); Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Wirid Harian

09/04/2010 22:53



Kirim Print
al-quran3.jpg

Dalam pembahasan ini kami akan menghadirkan kepada para pembaca dan pecinta Al-Qur’an dan bersuka ria dapat berinteraksi dengannya setiap hari, beberapa nasehat akan urgensi menjadikan Al-Quran sebagai bagian dari wirid harian dan amalan wajib yang tidak boleh dilanggar walau hanya sehari sekalipun, walaupun kesibukan yang banyak dan kewajiban yang bertumpuk ada dihadapannya.

Paling tidak ada 3 wirid harian Qur’ani yang mesti kita jalankan, agar kita mendapatkan julukan sebagai ahlul Qur’an dan ingin mendapatkan karomah (kemuliaan) Al-Qur’an serta kelak mendapatkan syafaat pada hari kiamat. sebagaimana yang disabdakan oleh nabi saw:

اقْرَؤُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَجِيءُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Bacalah Al-Qur’an, niscaya dia (Al-Qur’an) akan datang pada hari kiamat -nanti- memberikan syafaat kepada orang yang membacanya”. (Muslim)

Wirid Pertama : Wirid Dalam Membaca

Membca Al-Quran hendaknya –dengan adab-adab yang telah kami sebutkan sebelumnya- jangan mengurangi wirid tersebut kurang dri satu juz Al-Quran, sehingga bisa mengkhatamkan Al-Quran setiap bulan satu kali, -sebagai batasan terendah yang ditetapkan oleh Rasulullah saw kepada pembaca Al-Quran-.

Wirid Kedua : Wirid Menghafal

Yaitu berusaha menghafal Al-Quran setiap hari satu ayat atau dua atau tiga ayat, lalu mengulangi hafalannya dan memperbaikinya setiap hari, sehingga waktu yang berjalan beberapa tahun dapat menghafal Al-Quran secara keseluruhan dengan baik dan benar…

Wirid Ketiga : Wirid Tadabbur

Yaitu dengan melakukan langkah-langkah yang terprogram; dengan menerapkan program ini setiap hari satu ayat, dua , atau tiga ayat atau boleh lebih dari itu. Berusaha untuk hidup dengannya atas dirinya dan anggota tubuhnya. Dan dengan demikian, waktu-waktunya akan selalu dilewati dengan mentadabburkan Al-Qur’an, dalam beberapa tahun lamanya akan mampu mengkhatamkannya, khususnya dalam mentadabburkan Al-Quran, berinteraksi dengannya, menafsirkannya, memahaminya dan menguasainya.

Back

Poll

Do you like our website me ?

Yes (128) 90%

No (6) 4%

Nothing (9) 6%

Total votes: 143

Search site

=====****INDAHNYA BERBAGI****====