SHODAKOH SHOLAT, Amalan Apa Itu...?

Bismillah,

Barangkali banyak pembaca akan bertanya-tanya apa yg dimaksud dengan shodaqoh sholat. Bisa jadi bahkan ada yg berpikir bahwa saya salah membuat judul artikel, bahkan salah dalam membuat artikel. Mestinya shodaqoh atau sholat, bukan shodaqoh sholat. Mana ada shodaqoh sholat? Saya yakin ada yang berpikir seperti itu.

Agar tidak timbul kesalahan lebih lanjut, saya tuliskan dalil berikut

“Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri, sesungguhnya Nabi saw. melihat seseorang yang sholat sendirian. Beliau bersabda, “Tidakkah ada yang bershodaqah kepada orang ini untuk sholat bersamanya?” (HR. Abu Daud).

Maksud dari hadits di atas, Rasululloh SAW melihat orang yang sholat wajib sendirian di mesjid, lalu Rasululloh SAW bertanya kepada para sahabat yang telah melakukan sholat, “Apakah di antara kalian ada yang ingin menemani orang ini berjamaah?” Keterangan ini menjelaskan bahwa kalau kita sudah sholat wajib, lalu ada orang yang sholat wajib sendirian kita boleh menemaninya berjamaah.

Nah, saya ingin para pembaca melihat kata SHODAQOH pada hadits di atas. Yang dimaksud dengan shodaqoh di atas BUKAN SHODAQOH MATERI, akan tetapi shodaqoh dalam bentuk sholat berjama’ah, entah menjadi imam atau menjadi makmum.

Ada juga latar belakang lain sehingga muncul istilah SHODAQOH SHOLAT ini. Perhatikan keterangan berikut. “Diriwayatkan dari jabir r.a., sesungguhnya Mu’adz r.a. pernah sholat Isya bersama Nabi saw., kemudian kembali ke kaumnya dan mengimami sholat Isya untuk mereka.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad)

Keterangan hadits di atas, pada zaman Rasululloh SAW ada seorang shahabat bernama Mu’adz bin Jabal r.a. yang selalu sholat berjama’ah dengan Rasululloh SAW. Lalu pada saat dia pulang ke kaumnya, dia juga menjadi imam bagi mereka. Pada saat hal ini diketahui Rasululloh SAW, beliau tidak menegurnya. Dengan kata lain, jika diterapkan pada jaman sekarang, kita boleh melaksanakan sholat wajib berjamaah di mesjid, kemudian setelah pulang di rumah kita menjadi imam untuk keluarga, entah itu dg istri atau dengan anak&istri.

Jadi, TIDAK DILARANG SHOLAT WAJIB DUA KALI. Sekali lagi, ini hanya BERLAKU UNTUK SHOLAT WAJIB

Poll

Do you like our website me ?

Yes (128) 90%

No (6) 4%

Nothing (9) 6%

Total votes: 143

Search site

=====****INDAHNYA BERBAGI****====